jump to navigation

5 (Anti)Virus Kehidupan 3 February 2010

Posted by Subhan Setowara in Tentang Kehidupan.
trackback

KEHIDUPAN adalah sesuatu yang terlampau indah untuk disia-siakan, dan ketahuilah bahwa pusat dari keindahan alam semesta itu adalah manusia. Adalah Anda. Ke manakah kehidupan ini akan melangkah, jangan bertanya pada dunia, ia tidak tahu jawabannya. Justru ia ingin bertanya padamu, apa yang hendak dilakukan manusia terhadap kehidupan. Dirimu, hatimu, jiwamu, dan pikiranmu adalah pusaran kehidupan itu.

All right, langsung saja, dalam tulisan kali ini saya akan menulis 5 masalah paling radikal-esensial yang dapat mengganggu stabilitas kehidupan manusia:

  1. KETIAADAAN HARAPAN (Loss of Expectation). Memiliki visi hidup adalah hal yang teramat penting. Itulah sebabnya mengapa setiap ideologi dan agama senantiasa mengajarkan tentang tujuan hidup. Manusia digerakkan oleh harapan dan visi hidup. Siapa diri Anda? Anda ingin menjadi apa? Bagaimana potret diri Anda 1 tahun, 2 tahun, 5 tahun ke depan? Anda lebih tahu itu, dan Anda memang harus memilikinya. Anti-virus: Harapan dan Visi Hidup.
  2. KEHIDUPAN YANG MEMBOSANKAN (Boring Life). Begitu banyak orang yang menjadi tertekan dan lepas kendali hanya lantaran rutinisme dan kehidupan yang membosankan. Kehidupan haruslah colourful dan exciting. Dengan menjadi pribadi yang menarik serta memiliki kehidupan yang menarik, maka Anda telah membantu orang-orang di sekitar Anda agar menghargai kehidupan sebagai sesuatu yang benar-benar bernilai. Anti-virus: Pribadi dan Kehidupan yang Menarik.
  3. KESEPIAN (Loneliness). Jika Anda tidak merasa kesepian, itu hal bagus, tapi jika Anda merasakannya, akui itu. Jangan berpura-pura! Namun, perlu dicatat bahwa kesepian tidak sama dengan kesendirian. Sendiri tidak berarti sepi, sepi tidak berarti sendiri. Anda dapat merasakan kesepian yang teramat sangat sekalipun di tengah keramaian. Sebaliknya, Anda juga tetap dapat merasakan kebersamaan dan kecukupan diri sekalipun secara fisik Anda sedang sendirian. Anti-virus: Cinta dan Kebersamaan.
  4. KETIDAKPERCAYAAN DIRI (Under-Confidence). Inilah hal sederhana sekaligus fundamental yang dapat merusak kehidupan dengan cara yang tersamar. Jika Anda tidak percaya terhadap diri Anda sendiri, bagaimana mungkin orang akan mempercayai Anda. Ingat catatan berikut: kehilangan sesuatu bukan masalah, kehilangan seseorang adalah masalah, kehilangan diri sendiri terlalu bermasalah. Anti-virus: Percaya Diri!
  5. SITUASI DILEMATIS (Dilemmatic State). Hidup adalah pilihan, dan pilihan adalah hal yang baik. Jika Anda tidak siap menentukan pilihan, berarti Anda tidak siap untuk hidup. Ketahuilah, konflik yang paling krusial diatasi adalah konflik dengan diri sendiri, dan itulah dilema. Bersikaplah, ambil sebuah tindakan. Kekhawatiran adalah sesuatu yang tidak perlu dikhawatirkan. Resiko adalah petualangan. Hidup itu tidak hitam-putih. Kesalahan bukanlah kejahatan. Anti-virus: Lakukan Sesuatu!

Virus apakah yang sedang mengidap Anda? Hahaha, santai saja, hidup itu sederhana. Tersenyumlah pada dunia🙂

Sedang Tersenyum, Hanz Terranova

Comments»

1. baits van diponegoro - 3 February 2010

Mozaik…hampir smpurna… sgenggam yg tak terelakkan…

Jauh…Dkat, Bangun…Diam…Bisu….Keanehan…

Q baca rona kesucian, sayang membungkus bagai mnutup malu, berselimutkan helaian kain……

Ttp saja…nampak…?!

Biarlah…brlalu, lalu datng lagi sekehendak…

Toh,,,malam selalu bersanding dayang-dayang pembawa pesan Ilahi….

B’bas-L’pas…dua kata itu trulang lagi dr lidah bertuan ini…

Trsnyum-Maaf

Rasa Hormat

Teater Q…

===================================================================

faham toh???

artikel-kk lebih menarik, klo ad secuil kisah mnarik. ringkas tp padat…. kk bisalah…

smangat trus nulis n nge-Blogg brother…..

Hanz Terranova - 10 April 2010

Thx for the response. Btw, sepertinya Anda terlampau puitis. Apakah puisi adalah curahan hati Anda?🙂

2. eko - 7 May 2010

good job bro..ane adalah penggemar tulisan mu sejak dari Hitman.

3. sincere - 1 September 2010

so inspiring bro.. gua paling demen ma penjelasan lo tentang poin ke lima “dilematic situation” yg obatnya cuma “just doin something”.
gua setuju bahwa hidup tuh pilihan dan setiap pilihan itu punya dua sisi effect yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain >kaya dua bgian dalam sekeping uang logam>. jd ya.. tinggal nikmatin effect positifnya dan tanggung jawab ma effect negatifnya..
gua jd terinspirasi untuk memberlakukan mindset baru gua hasil pencerahan dari membaca artikel ini..
“my life is full of adrenalin so it makes my life so fuckin funtustic”

best regard
life adventurer

4. fulsyaa - 22 September 2010

lumayan,tapi kurang nusuk nih

5. baby stores canada - 4 December 2010

terimakasih untuk infonya.

6. Lev Savior - 11 May 2011

That’s a good one bro. Simple but very mind opening.
I saw myself along time ago when read this article🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: